Selasa, 29 September 2015

Mengetahui Apa Penyebab Sakit Kepala Terus Menerus atau Kronis


http://us.images.detik.com/content/2013/05/23/766/pusingcovermp.jpg?w=500

Mengetahui Apa Penyebab Sakit Kepala Terus Menerus atau Kronis

Penyebab sakit kepala terus menerus mungkin tidak akan sama antara orang yang satu dengan yang lainnya karena ada banyak hal yang dapat menyebabkan ini terjadi. Sakit kepala atau pusing yang terjadi dalam waktu lama bisa merupakan sakit kepala harian biasa tetapi terjadi terus menerus, namun bisa juga itu merupakan gejala suatu penyakit lain. Banyak penyakit lain yang gejalanya berupa sakit kepala terus menerus. Jika Anda sebelumnya sudah berusaha mengobati sendiri sakit kepala ini namun tidak sembuh-sembuh, maka sebaiknya diperiksakan ke dokter untuk diketahui sebab pastinya.

Sakit kepala yang terjadi terus-menerus pasti membuat aktivitas sehari-hari tidak nyaman dan terganggu, bahkan jika sakit kepalanya sedang parah, tidak bisa beraktivitas dan harus beristirahat. Penyebab sakit kepala ini bermacam, bisa merupakan karena gaya hidup tidak sehat, yang mana sakit kepala ini akan dapat berkurang jika Anda memulai gaya hidup yang benar, atau bisa jadi juga dikarenakan ada gangguan pada tubuh Anda, yang cara mengatasinya membutuhkan pengobatan.

Berbagai Macam Penyebab Sakit Kepala Terus Menerus

Sakit kepala terus menerus jika telah terjadi dalam waktu 3 bulan dan terjadi lebih dari 15 hari tiap bulannya, maka bisa disebut sebagai sakit kepala kronis. Sakit kepala terus menerus yang umum terjadi adalah 2 tipe, migrain atau sakit kepala sebelah, dengan ciri-ciri umumnya terjadi hanya pada salah satu sisi kepala, bisa bergantian (tidak bersamaan), kemudian kepala rasanya terngiang-ngiang atau berdenyut-denyut. Jika parah migrain ini akan mengakibatkan mual hingga muntah. Tipe berikutnya adalah tipe sakit kepala yang rasanya seperti tertekan yang terjadi pada bagian kanan dan kiri kepala secara bersamaan.

Sakit kepala terus menerus kadang sulit diobati karena cukup sulit untuk mengetahui penyebab pastinya, tanpa mengetahui penyebab pasti dari sakit kepala tersebut, maka pengobatan hanya akan berefek sementara. Penyebab sakit kepala ini umum adalah stres serta depresi. Tekanan pekerjaan maupun keluarga yang tidak kunjung teratasi sedikit demi sedikit akan menyebabkan sakit kepala. Stres akan menyebabkan pelepasan zat kimia yang akan mengganggu pembuluh darah.
Penyebab sakit kepala terus menerus berikutnya adalah kurangnya istirahat. Waktu tidur yang tidak cukup dan tidak teratur akan menyebabkan sakit kepala yang terus menerus hingga hal ini diperbaiki. Pekerjaan memang penting, namun jika tubuh sudah lelah sebaiknya beristirahat. Begitu juga saat bersenang-senang, sering kali lupa waktu sehingga sampai-sampai tidak tidur.

Kemudian penyebab yang berhubungan dengan penyakit lain adalah inflamasi. Inflamasi adalah peradangan. Radang yang dapat menyebabkan sakit kepala terus menerus adalah radang yang berhubungan dengan THT, yaitu sinusitis atau radang sinus, hidung terutama hidung bagian atas, kemudian faringitis atau radang tenggorokan, terakhir adalah radang telinga atau disebut otitis. Jika Anda mengalami salah satu radang THT ini, sebaiknya diperiksakan ke dokter THT supaya sakit kepala Anda juga dapat terobati.

Lingkungan sehari-hari yang tidak sehat juga bisa menyebabkan sakit kepala terus-menerus. Asap rokok bagian sebagian orang akan menyebabkan sakit kepala. Penggunaan obat nyamuk (bakar) diruang tertutup yang berlebihan. Obat nyamuk pada dasarnya adalah racun, yang dalam jumlah kecil akan membunuh nyamuk, jika digunakan di ruang tertutup dan dinyalakan semalaman, maka orangnya juga akan teracuni. Tidur di ruangan tertutup yang terlalu sempit meskipun tidak menyalakan obat nyamuk juga memungkinkan terjadinya keracunan karbon dioksida (CO2) yang menyebabkan sakit kepala pada pagi hingga siang hari.

Selain beberapa penyebab sakit kepala terus menerus yang telah disebutkan di atas, masih ada lagi beberapa penyebab lainnya yang bisa Anda baca di halaman berikutnya. Simak juga tentang beberapa tips untuk meredakannya.

Gangguan pembuluh darah pada kepala (otak) juga akan menyebabkan sakit kepala yang sulit teratasi. Sakit kepala yang dikarenakan gangguan pembuluh darah ini harus diwaspadai, karena jika dibiarkan terus menerus, mungkin akan terjadi stroke, atau pembuluh darah pecah, yang merupakan penyakit serius.

Beberapa penyebab yang lebih serius diantaranya adalah trauma otak dan infeksi meningitis. Trauma otak adalah pernah terjadinya benturan keras pada kepala hingga menyebabkan cedera pada otak. Sedangkan pada meningitis, ini terjadi karena adanya infeksi virus pada lapisan otak. Meningitis kadang sangat cepat terjadinya, namun kadang juga bisa terjadi dengan lambat.

Hal lain yang mungkin terdengar aneh adalah sakit kepala terus menerus ini disebabkan oleh penggunaan obat sakit kepala yang terus menerus juga. Jadi jika sakit kepala Anda hanya jarang-jarang, atau hanya ringan-ringan saja, sebaiknya jangan langsung diobati, karena justru akan menyebabkan sakit kepala jika berlebihan atau terus-terus mengonsumsinya.

Alergi terhadap suatu makanan yang tidak disadari sehingga dikonsumsi secara terus-terusan juga akan menyebabkan sakit kepala terus menerus. Penyebab lainnya lagi yang mungkin adalah kebiasaan terhadap postur tubuh yang tidak normal, juga kebiasaan melewatkan makan. Kafein bagi beberapa orang tertentu akan menyebabkan sakit kepala, karena kafein akan menyebabkan jantung memompa darah lebih cepat, sehingga pembuluh darah pada otak tekanannya meningkat. Obat pereda rasa sakit juga kadang justru menyebabkan sakit kepala.

Tips Mengurangi Sakit Kepala yang Terjadi Terus Menerus

Untuk beberapa sakit kepala yang disebabkan oleh penyebab tertentu, ada beberapa tips yang dapat dilakukan untuk menguranginya atau bahkan dapat teratasi. Di atas telah diuraikan beberapa penyebab yang beberapa diantaranya disebabkan oleh orang itu sendiri, jika penyebab-penyebab tersebut dapat diatas atau dihindari, maka sakit kepala ini akan berkurang.

Hal yang paling umum adalah untuk mencoba hidup sehat. Jangan beraktivitas secara berlebihan sehingga waktu tidur berkurang banyak. Jika hanya sesekali tubuh masih bisa menolerir, tapi jika terus-terusan tubuh tidak akan kuat sehingga terjadi sakit kepala yang terus menerus. Kemudian makan tepat pada waktunya, jangan menunda-nunda waktu makan Anda, terlebih malah melewatkannya.

Manajemen pikiran sangat penting untuk mengatur stres. Stres tidak akan menyelesaikan masalah, tapi hanya membuat pundak Anda terasa berat. Cobalah untuk berfikir positif terhadap masalah yang Anda hadapi. Pekerjaan, hubungan keluarga, atau lainnya jika difikirkan terlalu berlebihan hingga stres maka hanya akan merugikan diri sendiri.

Meskipun ini terlihat sepele, tapi sebenarnya sangat penting, berikanlah ventilasi yang cukup pada kamar tidur Anda dan tempat-tempat lain dimana Anda sering beraktivitas. Keracunan karbon dioksida adalah sesuatu yang sangat mungkin terjadi. Mungkin tidak akan membuat Anda pingsan, tapi akan membuat tidur Anda tidak nyenyak dan otak kekurangan oksigen.

Nah, kurang lebih seperti itulah penjelasan mengenai berbagai macam penyebab sakit kepala terus menerus yang dapat kami berikan. Cobalah untuk melakukan beberapa tips yang kami berikan di atas, dan jangan lupa untuk pergi ke dokter jika tidak kunjung sembuh.

SUMBER : http://dedaunan.com/mengetahui-apa-penyebab-sakit-kepala-terus-menerus/2/

5 komentar:

  1. terima kasih mbak atas infonya. sangat bermanfaat sekali. izin share ya.
    http://akar-daun.blogspot.com

    BalasHapus
  2. Silahkan mba .. semoga bermanfaat ..aamin

    BalasHapus
  3. Silahkan mba .. semoga bermanfaat ..aamin

    BalasHapus
  4. daythammynet
    Class College Education training Beauty teaching university academy lesson  teacher master student  spa manager  skin care learn eyelash extensions tattoo spray

    BalasHapus